MS Word

Apakah anda kenal dengan Microsoft Word?? Pasti kenal khan?? Ya, Microsoft word adalah program khusus untuk mengolah kata. Sampai sekarang Microsoft Office sudah sampai ke versi yang 2010 Beta. Dan yang tentunya fitur-fitur yang ada pada versi sebelumnya telah diperbaharui, dan semakin lengkap tools-nya. Disini saya akan membahas tentang cara editing font pada Microsoft Word 2007-2010 Beta. Memang pada kenyataan banyak user yang memakai Word versi jadul kebingungan ketika memakai Word versi terbaru ini, untuk itulah saya akan menjelaskan langkah-langkahnya disini. Yang saya akan bahas disini adalah:

  1. Bold, Italic, Undrline editing.
  2. Drop caps.
  3. Character spacing.
  4. Mengatur kertas.
  5. Mengatur margins.
  6. Mengatur paragraf.

Oke mulai dari pertama saya akan membahas yang pertama dulu. Untuk menebalkan, memiringkan, dan membuat garis bawah pada tulisan, konsepnya hampir sama dengan Word yang dulu. Yaitu memblock tulisan yang akan diberi efek tersebut, kemudian pada sisi atas klik tab ribbon “Home” maka akan ada simbol yang bold, italic, dan underline yang masih sama seperti Word dulu.

Drop caps, sering khan anda menggunakan tools ini? Drop caps digunakan untuk membuat huruf pertama pada paragraf menjadi besar. Biasa ditemukan pada koran-koran. Untuk Word yang “jadul” pasti anda sudah tau dimana letak tools tersebut. Tetapi untuk Word 2007-2010 Drop caps terletak di tab ribbon insert. Sangat melenceng bukan? Untuk menggunakan toolsnya pun sama, Letakkan kursor pada paragraf yang akan dibuat besar huruf pertamanya kemudian klik dan klik tab ribbon Insert, cari drop caps yang terletak pada sebelah kanan dan tentukanlah tipe drop caps yang anda ingin.

Pernahkah anda melihat tulisan yang letaknya berada di atas atau bawah kalimat? Atau jarak huruf tiap kata yang berjauhan. Tahukan toolsnya? Ya, tools character spacing. Di character spacing anda bisa membuat kata pada kalimat menjadi letaknya diatas kalimat atau dibawah. Dan juga membuat kata yang hurufnya berhimpitan atau berjauhan. Cara untuk menggunakan toolsnya adalah blok kalimat atau kata yang akan di format kemudian klik kanan pilih font. Klik tab Advanced.

  1. Untuk mengatur posisi kata gunakan fitur Position. Pada sebelah kanannya klik menu tersebut untuk membuat kata tersebut posisinya diatas klik raised kemudian disebelah kanannya atur jaraknya. Untuk membuat dibawahnya tinggal pilih menu lowered dan atur jaraknya.
  2. Untuk mengatur jarak huruf pada kata gunakan spacing. Untuk membuat huruf tersebut berhimpitan pilih menu Condensed dan pada sebelah kanannya pilih jaraknya himpitannya, semakin besar semakin berhimpit. Dan untuk membuatnya berjauhan pilih menu Expanded dan atur jaraknya.

Untuk mengautur kertas maka langkah langkahnya adalah : klik tab ribbon page layout yang ada di atas, kemudian pada kategori page setup klik size. Disana akan ada macam-macam kertas, pilih jenis kertas yang anda gunakan.

Untuk mengatur margin langkahnya hampir sama seperti langkah mengatur kertas, tetapi pada kategori page setupnya pilih margin. Disana akan ada 4 macam margin yang sering digunakan. Anda bisa mengatur margin sendiri dengan mengklik custom margin yang ada pada dibawah menu margin.

Dan yang terakhir. Untuk mengatur paragraf sama pengaturannya akan tetapi ada fitur yang ditambahkan.

No Response to "MS Word"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme